RPP
TEORI
PENGAMBILAN KEPUTUSAN
GARIS-GARIS
BESAR PEDOMAN PERKULIAHAN
(GBPP)
Mata kuliah :
Teori Pengambilan Keputusan
Kode Mata Kuliah :
MJN 349
SKS : 3
(tiga)
Waktu Pertemuan
Pengasuh :
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini berisikan muatan tentang
konsep-konsep pembuatan keputusan manajemen perusahaan dimulai dari sifat dan
wujud proses pengambilan keputusan, gambaran situasi keputusan. Tolak ukur
dalam penilaian manfaat dan biaya, cara menanggulangi unsure ketidakpastian,
termasuk membuat keputusan dalam situasi sasaran ganda, keputusan kelompok,
situasi persaingan dengan dua atau lebih banyak tokoh peserta, dan analisis
keputusan serba rumit.
Tujuan Instruksional Umum
Setelah mahasiswa mempelajaran mata
kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat memahami setiap konsep dan mampu
menggunakan konsep-konsep ini untuk menganalisis setiap situasi dalam proses
pengambilan keputusan manajemen perusahaan serta mampu membuat keputusan
manajemen perusahaan dengan baik.
No.
|
Pokok
Bahasan
|
Subpokok
Bahasan
|
Waktu
|
01
|
Pengantar
|
1. Pendahuluan
2. Latar belakang suatu keputusan
3. Keputusan berstruktur
4. Proses pengambilan keputusan
|
150
menit
|
02
|
Situasi
Keputusan
Berstruktur
sempurna
|
1. Pengantar
2. Optimalisasi dalam proses
produksi
3. Problem Optimalisasi
4. Masalah distribusi
5. Masalah penjatahan
6. Situasi rute terpendek
7. Jalur kritis
|
150
menit
|
03
|
Tolak
Ukur Kuantitatif
Pengukur
Manfaat dan Biaya
|
1. Menetapkan tolak ukur
2. Kegunaan
3. Pengukuran kegunaan
4. Evaluasi kegunaan
|
|
04
|
Cara
menanggulangi Unsur ketidakpastian
|
1. Pengenalan unsure ketidakpastian
2. Penggunaan model probabilita
|
150
menit
|
|
|
3. Tingkah laku perorangan dalam
pengambilan keputusan bila
situasi tidak pasti
4. Guna estimasi probabilita
subyektif
5. Pohon keputusan
|
|
05
|
Situasi
Keputusan Dengan Sasaran Ganda
|
1. Aneka metode Pembobotan
2. Meminimalkan penyimpangan
terhadap sasaran
3. Metode penyisihan
|
150
menit
|
06
|
Keputusan
Kelompok
|
1. Pembagian risiko
2. Pendekatan optimalisasi pareto
3. Pengambilan keputusan kelompok
4. Tingkah laku pengambilan
keputusan berbagai kelompok
|
150
menit
|
07
|
Situasi
Persaingan dua atau lebih tokoh peserta
|
1. Situasi keputusan bersaing murni
2. Aneka situasi keputusan yang
tidak bersaing murni
|
150
menit
|
08
|
Analisis
Situasi Keputusan Serba Rumit
|
1. Analisis strategi terhadap situasi
keputusan serba rumit
2. Alam sebagai suatu peserta
3. Koalisi
4. Analisis taktis.
|
150
menit
|
Buku wajib :
Buku Ajar Teori Pengambilan Keputusan
Buku Anjurkan :
1. Modern managerial Decision
Making
2. A Strategy for Decision by Braybrook and Lindblom.
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
(SAP)
Pertemuan ke I
Tujuan Instruksional Khusus
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa
diharapkan dapat memahami pengertian teori pengambilan keputusan, latar
belakang suatu keputusan dibuat, mengetahui bentuk-bentuk keputusan dan proses
pembuatan keputusan serta menerapkan cara pembuatan keputusan berdasarkan
proses keputusan sesuai dengan konsep-konsep yang ada.
Pokok
dan Sub pokok Bahasan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
|
Evaluasi
|
Refrensi
|
Keterangan
|
1. Pengantar
2. Lt Belakang Suatu Keputusan
3. Keputusan berstruktur
4. Proses Pengambilan Keputusan
|
Ceramah/diskusi
|
Memperhatikan/mencatat
|
Wb/OHP
|
Absensi
|
1. BA
2. Handout
By redford
|
Tugas
1
Membuat
suatu
Keputusan
pribadi
|
Pertemuan ke II (Lanjutan pertemuan ke 1)
Pokok
dan Sub pokok Bahasan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
|
Evaluasi
|
Refrensi
|
Keterangan
|
Mendiskusi
Tugas 1
1. Cara membaca situasi
2. Cara Menetapkan variabel
3. Cara menganalisis variable
4. Memilih variabel relevan
5. Melakukan pengukuran
manfaat dan biaya
6. Cara memilih
7. Cara pelaksanaan
8. Cara evaluasi
9. Menetapkan konsumen
|
Menjelaskan
tahap demi tahap/
mendiskusikan setiap tahapan
dari
model
|
Mendiskusikan
dan bertanya hal-hal yang belum jelas tentang penerapan model
|
Wb/OHP
|
Tugas
|
1. BA
2. Handout 1
by Redford
|
Tugas
II
Memperbaiki
lagi
tugas I
dan
dikumpulkan
diminggu
depan
|
Pertemuan ke III
Tujuan Instruksional Khusus :
Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswadiharapkan
dapat memahami dan mengetahui situasi keputusan sempurna, dapat memahami dan
menerapkan model keputusan-keputusan yang berhubungan dengan masalah
optimalisasi proses produksi, masalah distribusi, masalah jaringan atau rute
terpendek dan masalah jalur kritis.
Pokok
dan Sub pokok Bahasan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
mahasiswa
|
Media
|
Evaluasi
|
Refrensi
|
Keterangan
|
Situasi
Keputusan Sempurna :
1. Pengantar
2. Optimalisasi dalam proses
Produksi
3. Masalah distribusi
4. Masalah pejantahan
5. Masalah jaring atau rute
terpendek
6. Masalah jalur kritis
|
Ceramah/diskusi/
Memberikan
contoh
|
Memperhatikan/
mencatat
|
Wb/OHP
|
Tugas/keaktifan
mahasiswa
|
1. BA
2. Handout
2 by
Redford
3. Riset
operasi
by J.
Suprapto
|
Tugas
4
Kasus Distribusi
Kasus
Penugasan
|
Pertemuan ke IV (Lanjutan pertemuan ke III)
Pokok
dan Sub pokok Bahasan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
|
Evaluasi
|
Refrensi
|
Keterangan
|
Masalah
distribusi
|
Ceramah/diskusi
|
Memperhatikan/
mencatat
|
Wb/OHP
|
Tugas
|
1. BA
2. Handout
3 by
Redford
3. Riset
operasi
by J.
Suprapto
|
Tugas
4
Kasus
Distribusi
Kasus
Penugasan
|
Pertemuan ke V
Pokok
dan Sub pokok Bahasan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
|
Evaluasi
|
Refrensi
|
Keterangan
|
Kuis
I :
Materi
kuis I adalah materi pertemuan I s/d IV
|
Menyiapkan
soal/
kasus
|
Wajib
ikut kuis
|
Utul
|
Kejujuran,
kerapihan, kemampuan
|
|
Yang
tidak ikut ujian tanpa pemberitahuan
Pada
saat ujian tidak berhak mendapat ujian susulan
|
Pertemuan ke VI (Lanjutan Pertemuan III)
Pokok
dan Sub pokok Bahasan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
|
Evaluasi
|
Refrensi
|
Keterangan
|
Situasi
jaringan atau Rute Terpendek
Jalur
Kritis atau Pert-CPM
- Pembentuk diagram
- Perhitungan jaringan kritis
- Menentukan waktu
Mengambang
- Membuat time
chart
|
Ceramah/diskusi/
Contoh-contoh
diagram
|
Memperhatikan/
mencatat
|
Wb/OHP
|
Kuis
I secara umum
|
1. BA
2. Handout
4 by
Redford
3. Riset
operasi
by J.
Suprapto
|
Tugas
4
Mengerjakan
Kasus
jalur atau rute terpendek dan Kasus jalur kritis
|
Pertemuan ke VII
Tujuan Instruksional Khusus :
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa
diharapkan dapat memahami dan melakukan. Mampu menerapkan ukuran kuantitatif
dalam pengukuran manfaat dan biaya.
Pokok
dan Sub pokok Bahasan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
|
Evaluasi
|
Refrensi
|
Keterangan
|
Tolak
Ukur kuantitatif Pengukuran Manfaat dan Biaya :
1. Pendahuluan
2. Menetapkan Tolak ukur
Kuantitatif
3. Efisiensi dan efektivitas
4. Gambaran situasi yang
memperhatikan hubungan
antara benefit dan biaya
|
Ceramah/diskusi/
contoh
perhitungan
|
Memperhatikan/
mencatat
|
Wb/OHP
|
Absensi
|
1. BA
2. Handout
5 by
Redford
3. Riset
operasi
by J.
Suprapto
|
Tugas
5
Membuat
resume masalah pengukuran manfaat dan biaya
|
Pertemuan ke VIII (MID)
Tujuan Instruksional Khusus :
Setelah mengikuti MID ini mahasiswa akan dapat
mengukur kemampuannya dalam mengikuti
perkuliahan mulai dari pertemuan I s/d VII, diharapkan mahasiswa akan lebih
giat lagi belajarnya.
Pokok
dan Sub pokok Bahasan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
|
Evaluasi
|
Refrensi
|
Keterangan
|
MID
Bahan
dari pertemuan I s/d VII
|
Menyiapkan
soal ujian
|
Mengerjakan
ujian dengan tertib dan jujur
|
Utul
|
Penguasaan
konsep, kejujuran, kerapihan
|
Bahan
kuliah
|
|
Pertemuan ke IX
Tujuan Instruksional Khusus :
Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa
diharapkan akan dapat mengenal unsure ketidakpastian dan mampu memanfaat
situasi ini untuk pembuatan keputusan serta memahami dan menggunakan model
probabilita dalam menggarap situasi keputusan yang tidak pasti.
Pokok
dan Sub pokok Bahasan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
|
Evaluasi
|
Refrensi
|
Keterangan
|
Cara
menanggulangi unsur ketidakpastian :
1. Pengenalan unsur
ketidakpastian
2. Menggunakan model
Probabilita
3. Tingkah laku orang dalam
pengambilan keputusan bila
terdapat unsur ketidakpastian
4. Guna ekspetasi probabilita
subyektif
5. Pohon keputusan
|
Ceramah/diskusi/
Memberikan
contoh-contoh
|
Memperhatikan/
mencatat
|
Wb/OHP
|
Evaluasi
umum
Tentang
hasil ujian MID
|
1. BA
2. Handout
6 by
Redford
3. Riset
operasi
by J.
Suprapto
|
Tugas
6
Mengerjakan
Kasus
Probabilita
|
Pertemuan X (Lanjutan pertemuan ke IX)
Pokok
dan Sub pokok Bahasan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
|
Evaluasi
|
Refrensi
|
Keterangan
|
Pohon
Kritis
Pengantar
Cara
merumuskan
Nilai
informasi yang sempurna
Efek
perubahan alternatif yang tersedia
Nilai
informasi yg kurang sempurna
Penyelesaian
probabilita gaya bayes
Faedahnya
metode pohon keputusan
|
Ceramah/diskusi/
Memberikan
contoh-contoh
|
Memperhatikan/
mencatat
|
Wb/OHP
|
Evaluasi
umum
Tugas
6
|
1. BA
2. Handout
7 by
Redford
3. Riset
operasi
by J.
Suprapto
|
Tugas
7
Mengerjakan
Kasus
pohon kritis
|
Pertemuan ke XI
Tujuan Instruksional Khusus :
Setelah mengikuti kuliah ini diharapkan
mahasiswa dapat memahami dan menggunakan metode-metode yang berhubungan dengan
pembobotan, meminimalkan penyimpangan, dan metode penyisihan dengan baik.
Pokok
dan Sub pokok Bahasan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
|
Evaluasi
|
Refrensi
|
Keterangan
|
Situasi
keputusan dengan sasaran Ganda :
Pengantar
Aneka
pembobotan
Meminimal
penyimpangan
Metode
penyisihan
|
Ceramah/diskusi/
Memberikan
contoh-contoh
|
Memperhatikan/
mencatat
|
Wb/OHP
|
Evaluasi
umum tugas 7
|
1. BA
2.Handout
8 by
Redford
3. Riset
operasi
by J.
Suprapto
|
Tugas
8
Mengerjakan
kasus pembobotan dan penyisihan
|
Pertemuan ke XII
Tujuan Instruksional Khusus
Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan
dapat memahami dan mengerti cara pembagian risiko. Pendekatan optimalisasi
pareto, memahami tingkah laku pengambil keputusan kelompok, dan mampu membuat
keputusan kelompok dengan baik.
Pokok
dan Sub pokok Bahasan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
|
Evaluasi
|
Refrensi
|
Keterangan
|
Keputusan
kelompok
Pengantar
Pembagian
risiko
Pendekatan
optimalisasi pareto
Tingkah
laku pengambil keputusan berbagai kelompok
Pembuatan
keputusan kelompok
|
Ceramah/diskusi
|
Memperhatikan/
mencatat
|
Wb/OHP
|
Evaluasi
singkat tentang tugas 8
|
1. BA
2. Handout
9 by
Redford
3. Riset
operasi
by J.
Suprapto
|
Tugas
9
Mengerjakan
kasus optimalisasi pareto
|
Pertemuan ke XIII
Tujuan Instruksional Khusus
Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan
dapat memahami dengan baik tentang situasi keputusan bersaing murni dan aneka
situasi keputusan yang tidak bersaing murni, serta mampu menganalisis situasi
ini dan dapat memetik manfaatnya dalam mengambil keputusan jika dihadapi pada
situasi yang sama.
Pokok
dan Sub pokok Bahasan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
|
Evaluasi
|
Refrensi
|
Keterangan
|
Situasi
persaingan dua atau lebih tokoh peserta ;
* Situasi persaingan murni
* Aneka situasi keputusan yang
tidak bersaingan murni
|
Ceramah/diskusi/contoh-contoh
|
Memperhatikan/
mencatat
|
Wb/OHP
|
Evaluasi
singkat tugas 9
|
1. BA
2. Handout
10 by
Redford
3. Riset
operasi
by J.
Suprapto
|
Tugas
10
Mengerjakan
kasus situasi persaingan dua atau lebih peserta
|
Pertemuan ke XIV (KUIS II)
Tujuan Instruksional Khusus
Setelah mengikuti kuis II ini mahasiswa diharapkan
akan dapat mengukur kemampuannya dengan cara menjawab soal-soal ujian dan
memberikan contoh yang diminta oleh soal.
Pokok
dan Sub pokok Bahasan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
|
Evaluasi
|
Refrensi
|
Keterangan
|
Kuis
II
Bahannya
Pertemuan IX s/d ke XIII
|
Menyiapkan
soal
|
Mengerjakan
ujian dengan tertib, jujur dan rapih
|
Utul
|
Penguasaan
konsep, kejujuran, kerapihan
|
Bahan
kuliah IX-XIII
|
-
|
Pertemuan XV
Tujuan Instruksional Khusus
Setelah mengikuti kuliah ini diharapkan
mahasiswa akan dapat memahami, mengerti dan mampu menganalisis strategi dalam
menggarap situasi keputusan yang serba rumit, memanfaatkan alam sebagai
peserta, dan mampu melakukan koalisi serta membuat analisis taktis.
Pokok
dan Sub pokok Bahasan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
|
Evaluasi
|
Refrensi
|
Keterangan
|
Analisis
Situasi Keputusan Serba Rumit :
• Analisis strategi menggaraf
situasi serba rumit
• Alam sebagai peserta
• Melakukan koalisi
• Membuat analisis taktis
|
Ceramah/diskusi/contoh-contoh
|
Memperhatikan/
mencatat
|
Wb/OHP
|
Evaluasi
singkat tugas 9
|
1. BA
2.Handout
11 by
Redford
3. Riset
operasi
by J.
Suprapto
|
Tugas
10
Mengerjakan
kasus koalisi
|
Pertemuan ke XVI
Tujuan Instruksional Khusus
Setelah mengikuti ujian akhir ini
diharapkan mahasiswa dapat mengukur
kemampuannya dalam penguasaan mata kuliah pengambilan keputusan
manajemen perusahaan.
Pokok
dan Sub pokok Bahasan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
|
Evaluasi
|
Refrensi
|
Keterangan
|
Ujian
Akhir Semester
Bahan
dari pertemuan I s/d XV
|
Menyiapkan
soal ujian
|
Mengikuti
ujian dengan tertib, dan jujur
|
Utul
|
Evaluasi
hasil ujian akhir
|
Bahan
kuliah dari pertemuan I s/d XV
|
Dosen
menyerahkan nilai akhir ke Akademik
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar